Senin, 01 April 2013

agar ATM tidak disalahgunakan

Kejahatan dengan menggunakan kartu kredit dan ATM banyak beredar di media. Beberapa modus telah beredar. Namun, apakah kejahatan tersebut bisa dicegah oleh Bank Indonesia (BI) sebagai pengawas kegiatan perbankan?
Untuk mencegah penyalahgunaan kartu kredit maupun ATM,Direktur Departemen Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Difi Ahmad Johansyah membagi kiat-kiat untuk mencegah adanya kejahatan tersebut.
Pertama, ujar Difi, nasabah harus mengetahui nomor call centre banknya masing-masing."Jangan berikan nomor kartu, masa berlaku atau tiga angka terakhir di belakang kartu kredit kepada merchant yang tidak Anda ketahui," kata Difi.
Trik selanjutnya adalah bagi pengguna kartu kredit atau pemegang ATM jangan pernah memberikan nomor PIN Anda kepada siapapun termasuk kepada petugas bank ataupun orang terdekat Anda.
"Jangan memberikan kartu kredit atau kartu ATM Anda kepada pihak lain karena bank tidak pernah meminta kembali kartu Anda. Apabila Anda mengembalikan kartu kepada bank, pastikan kartu telah Anda potong."
Kemudian kartu pembayaran baik kartu ATM, debit atau kartu kredit, harus selalu dalam pengawasan. Apabila kartu hilang, segera lakukan pemblokiran kartu untuk menghindari penyalahgunaan.

sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar