Rabu, 17 April 2013

Perawatan CVT pada Motor Matic


Perawatan CVT pada Motor Matic – Pada motor bertransmisi otomatis (matic) terdapat CVT yang menjadi bagian terpenting, yaitu sebagai penerus daya mesin untuk memutarkan roda. Jika CVT tidak di rawat dengan baik , maka motor akan berjalan tersendat sendat dengan bunyi yang berdecit .Terkadang sebagian orang menyepelekan pada bagian ini.
Tentunya dalam perawatan CVT matic ada tips dan tekniknya. Untuk itu cookies media akan mengutip resume tentang cara merawat cvt  matic dengan baik . Silahkan disimak beberapa cara mudah yang dapat kita lakukan :

Perawatan CVT pada Motor Matic

  • Buka baut cover CVT untuk melakukan pengecekan pada V-Belt. Kemudian lepas selang udara. Lalu lepas belt penggerak denagn membuka mur crankshaft terlebih dulu. Kemudian cek semua bagian part. Terutama cek fungsi belt,Apakah masih layak pakai? Pastikan ukurannya tidak kurang dari 20 mm. Jika lebih maka harus di ganti.
  • Bagian selanjutnya yaitu cek Roller. Roller yang tidak normal akan menyebabkan motor matic berjalan tersendat-sendat. Pastikan ketebalan roller pastikan tidak kurang dari 17,5 mm. Jika kurang maka ganti lah 1 set.
  • Ketika anda akan menmpuh jarak 8.000 km , maka disarankan kepada Anda untuk mengganti oli girbok juga dianjurkan untuk mengganti V-Belt jika sudah mencapai 15.000 km.
  • Bersihkan bagian Filter udara pada CVT  sesering mungkin paling tidak 3 bulan sekali atau Anda bersihkan jika melakukan servis berkala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar