Rabu, 17 April 2013

Bunyi-bunyi di sekitar CVT Motor Matic


Perbedaan utama antara motor matic dengan motor manual terletak pada sebuah bagian yang dinamakan dengan CVT. CVT ini yang melakukan semua hal yang berkaitan dengan kinerja kopling dan “perpindahan gigi” secara otomatis. Namun adakalanya, Anda mungkin mencurigai ada bunyi-bunyi yang terdengar mengkhawatirkan keluar dari CVT ini.
cvt-big
Beberapa bunyi aneh yang sering keluar antara lain:

Suara seperti ngorok

“Suara seperti ngorok” atau “glok-glok”, ketika membuka gas secara tiba-tiba atau ketika ditanjakan, diakibatkan oleh belt yang sedang menyesuaikan posisi yang membuat belt agak berkurang ketegangannya, kemudian ia memantul-mantul ke tutup cover CVT bagian atas. Suara ini terdapat pada Matic Suzuki seperti Spin dan Skywave, dan Tipe Matic dari Kymco keluaran lama. Tapi jangan khawatir, semuanya normal dan aman kok.

Ciiit… Ciiitt

Pernah dengar bunyi ini dari CVT? ya “penyakit” ini muncul dari matic-matic Yamaha, Mio lama dan Nouvo, ketika matic sudah mulai dibejek gasnya, tapi kalau sudah jalan bunyinya tidak muncul. Kenapa? menurut penelusuran bunyi ini muncul bisa dari gesekan kopling ke rumah kopling, dikarenakan bentuk kopling / rumah kopling yang sudah tidak normal. bisa karena terbakar seperti rumah kopling yang menghitam diakibatkan kebiasaan menahan rem ketika membuka gas pada saat macet, atau berjalan pada kecepatan rendah berjam-jam. Normal? tentu tidak, silakan bawa ke bengkel resmi terdekat untuk diperbaiki / diganti.

Bunyi berisik ketika sehabis diservis

Bila satu waktu matic anda di servis, kemudian muncul suara berisik ketika membuka gas? bunyinya seperti bunyi normal namun agak keras seperti: “SRRRRTTTT”. Jangan langsung menyalahkan mekanik atau bengkel, bunyi ini muncul bila ketika membersihkan belt dipergunakan belt-dressing, sejenis cairan untuk merawat belt dan membuat agak kesat. Tunggu beberapa hari, bunyi itu akan menghilang dengan sendirinya.
Ada bunyi yang lain?

1 komentar:

  1. Pak ngadmin kenapa v belt mio soul saya kalo gas putaran tinggi nyentuh cover cvt ya? Dicover cvtnya ada bekasnya gimana solusi mengatasinya? Tq min

    BalasHapus