Rabu, 17 April 2013

Kejujuran Orang Jepang Yang Sulit Ditiru Orang Indonesia




Sebenarnya sih ini bukan pasar yah karena penjual disana adalah para petani yang membuka lapak sendiri-sendiri untuk menjual hasil kebunnya yang tersisa (kebanyakan).


Dan kalau dilihat, tidak ada bedanya dengan pasar yang ada di Indonesia, kecuali satu perbedaannya yaitu tidak ada orang yang menjaga untuk lapaknya tersebut.


Jadi bagaimana transaksinya? mudah kok, mereka (si penjual) telah mencantumkan harga di setiap barang dagangannya dan apabila ada pembeli yang datang untuk membelinya, si pembeli cukup masukkan uang seharga barang yang dibeli ke tempat yang telah disediakan.


Dan percaya atau tidak, boleh dibilang hampir tidak ada satupun petani yang rugi karena berdagang dengan cara sepeti ini. Atau dengan kata lain, semua pembeli selalu membayar apa yang mereka ambil.


Nah, ini dia sebenarnya yang ingin kami bahas, yaitu KEJUJURAN yang menurut kami saat ini semakin langka di dunia, terutama di Indonesia.


Kami sempat membaca berita bahwa ada sekolah menengah di Indonesia yang mendirikan 'kantin kejujuran' dan hanya dalam waktu hitungan minggu, kantin tersebut bangkrut karena ternyata banyak siswa/ siswi yang tidak membayar sehabis makan.


Padahal di lain sisi, kantin itu berada di salah satu sekolah favorit di daerahnya yang berarti pasti sebagian besar siswa/ siswi disana dari golongan cukup mampu.


Mohon maaf kalau kami tidak sependapat dengan anggapan bahwa 'orang yang tidak jujur itu pasti identik dengan orang miskin' dan karena mereka tidak punya uang makanya mereka berbuat tidak jujur.


Menurut kami, KEJUJURAN bukanlah sesuatu yang bisa diukur dari banyaknya materi maupun tingkat pendidikan tetapi lebih ke moral dan rasa malu yang bisa ditanamkan oleh orang tua maupun lingkungan sekitar.


Dalam hal ini, kita tidak harus selalu mencontoh teknologi yang berasal dari Jepang saja tetapi tidak ada salahnya kita juga mencontoh moral dan rasa malu yang mereka miliki.


Benar, tidak semua orang Jepang disana jujur tetapi setidaknya kalau bicara persentase, tentu jauh lebih baik dari negara kita. Setuju kan dengan kita?




sumber :http://unikboss.blogspot.com/2010/10/kejujuran-orang-jepang-yang-sulit.html

Cara Mengatasi Getaran Pada CVT Mesin Matic


Punya motor matic dirumah…????
pernah ngerasa begeter di footrest ketika di bejek gasnya…????
bisa jadi masalahnya ada di CVTnya.
CVT matic sangat perlu untuk dicek pada saat Service. Jika telat atau lupa mengecek, akibatnya laju motor jadi lelet dan diikuti suara berisik di dalam CVT. Itu contoh paling sederhana loh, bila ini terus diabaikan, penyakit ini malah makin menjadi-jadi.
“Paling parahnya, setiap mau ngegas atau berakselerasi, pasti terasa sedikit getaran sampai ke kaki dan mesin juga jadi boros.
Selain itu, mesin juga jadi tersendat-sendat di rpm rendah,”
Trus gimana cara mengatasinya????
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk perawatan mesin matik, khususnya bagian CVT-nya.
Ya udah ikuti saja langkah berikut.
1. Bongkar Cover CVT, pertama lepas semua baut penahan cover CVT pakai kunci T-8.
2. Periksa kondisi drive belt CVT-nya. Caranya gampang, tinggal tekuk belt tersebut dan lihat apakah ada retakan kecil, dengan cara dibalik lalu ditekuk .
3. Periksa tapak bagian dalam dari flywheel atau teromol kopling. Jika sudah termakan atau baret, kerja sentrifugal jadi lambat, ini juga faktor penyebab BBM jadi boros.
4. Cek kondisi roller, kalau permukaan atau lingkarannya tidak rata alias peyang harus diganti part yang baru. Ingat, jangan cuma satu yang diganti, harus ganti satu set.
5. Jangan lupa cek ketebalan kampas sentrifugal dilihat. Ketebalan minimum 2 mm, Fungsi kampas ini adalah menekan flywheel sehingga transfer tenaga dari penggerak diteruskan ke roda.

Perawatan CVT pada Motor Matic


Perawatan CVT pada Motor Matic – Pada motor bertransmisi otomatis (matic) terdapat CVT yang menjadi bagian terpenting, yaitu sebagai penerus daya mesin untuk memutarkan roda. Jika CVT tidak di rawat dengan baik , maka motor akan berjalan tersendat sendat dengan bunyi yang berdecit .Terkadang sebagian orang menyepelekan pada bagian ini.
Tentunya dalam perawatan CVT matic ada tips dan tekniknya. Untuk itu cookies media akan mengutip resume tentang cara merawat cvt  matic dengan baik . Silahkan disimak beberapa cara mudah yang dapat kita lakukan :

Perawatan CVT pada Motor Matic

  • Buka baut cover CVT untuk melakukan pengecekan pada V-Belt. Kemudian lepas selang udara. Lalu lepas belt penggerak denagn membuka mur crankshaft terlebih dulu. Kemudian cek semua bagian part. Terutama cek fungsi belt,Apakah masih layak pakai? Pastikan ukurannya tidak kurang dari 20 mm. Jika lebih maka harus di ganti.
  • Bagian selanjutnya yaitu cek Roller. Roller yang tidak normal akan menyebabkan motor matic berjalan tersendat-sendat. Pastikan ketebalan roller pastikan tidak kurang dari 17,5 mm. Jika kurang maka ganti lah 1 set.
  • Ketika anda akan menmpuh jarak 8.000 km , maka disarankan kepada Anda untuk mengganti oli girbok juga dianjurkan untuk mengganti V-Belt jika sudah mencapai 15.000 km.
  • Bersihkan bagian Filter udara pada CVT  sesering mungkin paling tidak 3 bulan sekali atau Anda bersihkan jika melakukan servis berkala.

Bunyi-bunyi di sekitar CVT Motor Matic


Perbedaan utama antara motor matic dengan motor manual terletak pada sebuah bagian yang dinamakan dengan CVT. CVT ini yang melakukan semua hal yang berkaitan dengan kinerja kopling dan “perpindahan gigi” secara otomatis. Namun adakalanya, Anda mungkin mencurigai ada bunyi-bunyi yang terdengar mengkhawatirkan keluar dari CVT ini.
cvt-big
Beberapa bunyi aneh yang sering keluar antara lain:

Suara seperti ngorok

“Suara seperti ngorok” atau “glok-glok”, ketika membuka gas secara tiba-tiba atau ketika ditanjakan, diakibatkan oleh belt yang sedang menyesuaikan posisi yang membuat belt agak berkurang ketegangannya, kemudian ia memantul-mantul ke tutup cover CVT bagian atas. Suara ini terdapat pada Matic Suzuki seperti Spin dan Skywave, dan Tipe Matic dari Kymco keluaran lama. Tapi jangan khawatir, semuanya normal dan aman kok.

Ciiit… Ciiitt

Pernah dengar bunyi ini dari CVT? ya “penyakit” ini muncul dari matic-matic Yamaha, Mio lama dan Nouvo, ketika matic sudah mulai dibejek gasnya, tapi kalau sudah jalan bunyinya tidak muncul. Kenapa? menurut penelusuran bunyi ini muncul bisa dari gesekan kopling ke rumah kopling, dikarenakan bentuk kopling / rumah kopling yang sudah tidak normal. bisa karena terbakar seperti rumah kopling yang menghitam diakibatkan kebiasaan menahan rem ketika membuka gas pada saat macet, atau berjalan pada kecepatan rendah berjam-jam. Normal? tentu tidak, silakan bawa ke bengkel resmi terdekat untuk diperbaiki / diganti.

Bunyi berisik ketika sehabis diservis

Bila satu waktu matic anda di servis, kemudian muncul suara berisik ketika membuka gas? bunyinya seperti bunyi normal namun agak keras seperti: “SRRRRTTTT”. Jangan langsung menyalahkan mekanik atau bengkel, bunyi ini muncul bila ketika membersihkan belt dipergunakan belt-dressing, sejenis cairan untuk merawat belt dan membuat agak kesat. Tunggu beberapa hari, bunyi itu akan menghilang dengan sendirinya.
Ada bunyi yang lain?

Sabtu, 06 April 2013

HEMAT BBM, MESIN AWET, TUNGGANGAN NGACIR

Tips dibawah ini ditujukan buat anda dan terutama saya sendiri, dalam rangka menghemat BBM dan membuat mesin lebih awet. Apa aja sih caranya supaya hemat BBM ?  Banyak cara yang bisa kita lakukan, diantaranya dengan mengubah cara berkendara kita dan memperlakukan kendaraan sebaik mungkin. Daripada cape-cape terus menuntut penurunan BBM, lebih baik kita cari solusi minimal buat diri kita sendiri bagimana mensiasati tingginya harga BBM di negeri tercinta ini. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan pada kendaraan yang kita miliki diantaranya:


  1. Cek Tekanan Ban
    Sepele,tapi besar manfaatnya dalam menekan konsumsi bensin. karena kalo tekanan angin kurang,sesuai riset,dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
  2. Cek Kondisi Roda
    Contoh dari kelurusan putaran,kelancaran putaran roda dan lainnya, sebab bila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan memperlambat laju motor. Pemicunya pelek tidak center(speleng),bearing roda aus,atau kurang pelumasan dan sebagainya.
  3. Atur Jarak Main Rem.
    Sebab, “bila rem sampai menempel,tentu akan bikin lari motor jadi berat, sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor”. makanya,atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakang minimal 1/3 dari jarak main tuas secara keseluruhan.”Jangan telalu rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jadi menempel”
    .
  4. Pelumas.
    Daya lumas oli yg baik,mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Hal ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat(jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat penggantian oli yang rutin dan tak melebihi batas servis yg di anjurkan(tiap 2.000-2.500KM), akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran-nya lancar.
  5. Setel Klep.
    Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat. Efek-nya,BBM banyak terpakai,untuk itu,kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat, sesuai spesifikasi motor masing”.
  6. Setel Kopling.
    Ini juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Setelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya,saat tuas kopling ditekan,gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir. Lari motor pun jd tertahan,tp putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. Bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
  7. Busi.
    Umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop. Alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna.Tenaga mesin pun loyo. Oh ya,bila umur busi masih efektif,rajin2 lah dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak,bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu,atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yang di anjurkan.
  8. Filter Karburator.
    Dari data hasil riset pada honda vario keluaran mei 2007(jarak tempuh 14.000Km)komponent ini sudah cukup tebal di tumpuki debu. Padahal filter jenis viscous element yg di anut-nya tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. Sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya.Bila tampak kotor kudu diganti baru. Tapi yang berbahan busa,masih bisa dicuci. Nah,saat sebelum filter karbu di ganti, konsumsi BBM vario itu dalam pemakaian normal hanya 34-35km/liter. Namun setelah di ganti baru,konsumsi BBM tembus 38km/liter. Tarikan motor pun jauh lebih enteng dibanding sebelum ganti filter.
  9. Servis/Setel Karburator.
    Tahapan ini dianjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu,setelan ketinggian pelampung,sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk,dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
  10. Menaikan Kompresi. Ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah. Jadi saat berakselerasi awal, rider tidak perlu buka gas terlalu dalam, bensin pun irit. Tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head, melain kan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.
  11. Upgrade Sistem Pendinginan.
    Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. Makanya, akali dengan memasang oil cooler. Untuk motor penganut sistem pendingin cair kayak honda vario, CBR 150, kawasaki ninja dan lainnya,bila ingin sihu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet,bisa menambahkan kipas pendingin.
  12. Upgrade Mesin.
    Tahapan ini ditujukan buat motor berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yang aus. Misal ring piston lemah, clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya. Cukup mengembalikan kepresisian komponen2 itu jadi normal lagi. Maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian BBM juga lebih irit.
  13. Upgrade Pengapian.
    Sudah disinggung, busi berperan penting bagi tenaga mesin. Nah, ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing. Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
  14. CDI Racing.
    Meningkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian.Umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya. Paling gampang, ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing. Dari hasil test,penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.
  15. Ringan-kan Beban Motor.
    Motor yg berat,bikin lari ikut berat. Pengendara jadi sering memilintir gas dalam2 saat mau berakselerasi cepat. Jadi sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah. Gunakan variasi yg berbobot enteng/ringan. Misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya.
  16. Pakai Fuel Saver & Power Booster. 
    Tak haram lo, jika mau aplikasi part2 pengirit bensin kayak:
    Power Speed, sebab berdasarkan hasil riset, part semacam ini memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 30%. Kabar baiknya Power Speed juga bisa Meningkatkan Tenaga Mesin,Mengurangi Getaran Pada Mesin,Meningkatkan kwalitas Bahan Bakar dari Premium serasa Pertamax, Menyempurnakan proses pembakaran pada mesin yang dapat mengurangi dan mebersihkan kerak, Dapat digunakan pada kendaran yang menggunakan bensin maupun solar, Mengurangi Emisi Gas Buang (CO), dan Membuat Mesin Lebih Awet. Urusan harga, Power Speed juga gak bikin kantong bolong lo :-).
  17. Cara Berkendara.
    Kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar!!. Kalo anda masuk suka kebut2an, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip kopling, memanaskan kendaraan terlalu lama dan lain2nya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas, dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit dan mesin anda juga lebih awet tentunya.
Seandainya 1 kendaraan bisa berhemat 1-2 liter per hari, bayangkan berapa banyak mobil/motor yg tertolong. Dan dengan ini kita juga turut serta menghemat Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui GO GREEN…. Silahkan anda coba karena manfaat yang dihasilkan akan sangat besar buat kita semua.
(Sumber: Tabloid Otomotif ++ )

Kamis, 04 April 2013

faktor penyebab CVT matic cepet jebol

sepeda motor matic belakangan ini menjadi favorit pemakai roda 2 dari berbagai kalangan & bahkan menjadi trendsetter, karena cara pemakainnya yang sangat mudah, simpel,lincah & tentunya nyaman. dengan fitur yang memudahkan tersebut, tahukah anda bahwa bukan berarti matic bebas perawatan (asal pakai, & asal jalan) matic memerlukan perhatian khusus terutama bagian CVT (continuesly Variable Transmission) atau transmisi penggerak otomatis yg dalam hal ini adalah penggerak sistem pulley-belt. berikut ini adalah sumber2 penyebab kerusakan pada sistem CVT:
1. kebiasaan buruk pengendara yang membuka handle gas secara spontan, & stop & go!, kebiasaan ini      sungguh sangat menyiksa kinerja buka-tutup pulley, gesekan belt , dan roller indikasi kerusakan ini adalah, ketika motor dari keadaan diam kemudian ber akselerasi maka terdengar suara kasar dan gerakan roda belakang tersendat bergetar, hal itu dikarenakan roller aus, bentuknya sudah tidak bulat. alangkah baiknya sesuaikan riding style anda dengan memutar handle gas dengan bijak, ulur hingga rpm naik secara perlahan jangan langsung full thortle/ kontan.





2. tidak pernah melakukan perawatan rutin pada sistem CVT, perlu diperhatikan bahwa cvt wajib dilakukan perawatan ( cleaning & greasing) , sistem cvt merupakan transmis kering & tidak tertutup, oleh karenanya kotoran, debu, bahkan air bisa masuk (jika kebanjiran)
lakukan lah cleaning filter pada block cvt dengan membuka cover cvt, kemudian bersihkan saringan busa dari debu2 dan kotoran..



3. motor matic yang terendam banjir, jika motor matic anda pernah terendam banjir, segera lakukan perawatan cvt di bengkel / bongkar cvt dan cleaning semua part yg terendam air untuk menghindari korosi, dan greasing/ pemberian stem vet yg baru pada saft2 pulley , cek juga seal2 pulley apakah ada yang bocor, karena seal ini sangat penting peranannya menjaga grease tetap melumasi saft dalam pulley, jika seal bocor maka saft kering dan terancam korosi atau bahkan aus/ patah, biasanya komponen yang terserang adalah saft aus, sheeave / selubung saft retak / berlubang dan slot untuk roller / ball coak, jika sudah seperti ini maka gerakan pulley akan goyang dan pulley bekerja ekstra berat ubtuk mengembang, ujungnya penurunan kinerja cvt & ongkos perbaikan dan penggantian part yang mahal alangkah baiknya hindari genangan air yang dalam saat anda mengendarai motor matic.

4. umur belt yang sudah tua, merupakan faktor penyebab menurunnya kinerja tranmisi matic, lakukan penggantian belt setidaknya setiap 25000km, atau lihat kondisi fisik permukaan belt, karena jika sudah longgar, aus, atau retak akan membahayakan pengendara jika sewaktu-waktu putus di jalan


gambar seal 2nd saft pulley

4 selalu cek dan ganti secara periodik oli tranmisi gear reduksi, / oli gardan, pada umumnya matic ber cc kecil di indonesia kapasitas oli gardan = 100 cm3 / 0,1 liter jangan sampai kehabisan oli karena akan merusan gear2 reduksi, dan kehancuran lah yang bakal juragan alami……. :)

penyebab Honda beAT Tersendat di kecepatan 40-60kpj?

Honda beAT sebagai  light matic scooter kini  mulai  banyak dipakai oleh biker commuters untuk beraktifitas sehari hari , uniknya meski dimensi matic ini terbilang  kecil namun penggunanya dari  berbagai kalangan , dari anak sekolah hingga  bapak bapak  :lol:   emang  ringan  sich di pakai di berbagai kondisi jalanan namun selain nilai  lebih , banyak juga yang  mengeluhkan & bertanya kepada saya,  kenapa  di  kecepatan sedang menengah ( 40-60 kpj) di panteng secara stabil si matic ini  sering terasa ada yang nyangkut laju nya  ……  (grendet-grendet ……  nggrenjel :mrgreen: / tersendat & terasa ada  vibrasi di unit CVT )
oke  ,  saya benarkan hal itu  juga saya alami di beAT kepunyaan WD …….   meski sebenarnya  kasus  seperti ini  bisa menimpa semua matic  dari merk apapun  …….  memang  CVT  kalau sudah berumur  ya  seperti ini  mas bro ,  harus dilakukan  schedule maintenanance ! berikut ini beberapa diantara penyumbang terjadinya ubnormal vibration tersebut :
kasus  tersendat  tersebut terjadi pada unit CVT dan di Pulley bagian  depan atau disebut driven face  dimana pulley ini  bisa mengembang /menyempit sesuai kecepatan motor , mengembang ..nya pulley  ini karena di sebelah dalam pulley terdapat rollerpemberat / roller weight (gambar no 7 ) yang bisa bergerak karena gaya sentri fugal dan bisa menggeser pulley sebelah dalam (  face movable drive)
pict autoalliance.blogspo
nah roller pemberat berjumlah 6 biji yang berbentuk silindris tersebut terbuat dari  bahan seperti atom plastik , dimana setiap saat  bekerja bergesekan dengan pulley face movable drive sehingga  roller bisa terkikis  dan  bentuknya tak lagi  silindris, namun  cenderung benjol gitu dech  :mrgreen: ,  nah  kalau sudah benjol bisa dipastikan pergerakan mengembangnya pulley tidak smoth , karena pergerakan face movable drive yang di picu oleh  desakan roller pemberat  tidak serentak berbarengan . so  saat  di hunakan ber akselerasi atau kecepatan sedang maka  vibrasi akan sangat terasa pada matic tersebut . solusi nya  ===>>  ganti roller pemberat sesuai jadwal penggantian / sesuaikan selera akselerasi dengan kombinasi berat roller yang akan di aplikasikan ..
=====================================================
ada lagi kasus suara bergesek mirip cakram yang kampas nya habis…..  paling kerasa saat jalan pelan dan handle gas ditutup atau saat motor didorong dalam keadaan mati  ….. sring  sriing   sreeekk  :twisted:
kalau kejadian tersebut terjadi pada unit  cvt pulley  belakang , paling  banyak di temui pada yamaha mio,  namun juga bisa menyerang semua jenis matic …  penyebabnya adalah RUBBER, CLUTCH DAMPER (no 5) yang sudah melar ….  karet dumper tersebut ada 3 biji ,  dan  karena  kerja sentrifugal cluth pada pulley  belakang  bergesekan pada kecepatan tinggi , maka karena panas suhu tinggi seiring  umur  pasti akan menyebabkan karet melar, akibatnya kampas sentrifugal sudah menyentuh permukaan outer comp cluth (gambar no 1)  sebelum   kampas sentri fugal mendapat gaya pental dari rpm tinggi
tips murahnya adalah , potong permukaan karet yang melar……, namun  kalau  spare part tersedia mending ganti sekalian :)
untuk baca2  tips matic yang lain  bisa dibaca disini==>>  penyebab CVT matic cepet jebol
kalau di matic WD  kejadiannya  gimana?
hmmm  gejala  memang terasa namun masih ringan  belum parah & di km odometer mendekati 10.000km   , nah ada juga  yag  tanya  ..  beat ku masih baru kok  udah  nggrenjel?  wah kalau masih  baru  coba  komplain  ke  dealer mas mumpung masih garansi!   :mrgreen:
lha tutorial e  mana  mas?
whhoo  besok ya  kalau  si genduk biru ku  udah masuk jadwal maintenance cvt bakal tak bongkar  dech!  , saat  ini  belum waktunya ..
monggo di share_salam from warung DOHC_never_ending_exploring!
Wassalamu’alaykum :wink: 

sumber: http://azizyhoree.wordpress.com/

Hindari Lubang CVT Kemasukan Air

lubang pembuangan CVT matic
modifmotors.com-Cek lubang agar air menghilang. Di Suzuki Spin tidak ada, harus buka tutup CVT
Waspada bagi pemilik skubek. Motor matik ini sangat sensitif pada bagian penggerak CVT. Cover dan dalaman CVT harus terbebas dari debu kotoran dan cairan baik itu air maupun pelumas. Apabila CVT kemasukan air, akibatnya antara puli dan V-belt bakal slip. Jika ini terjadi transfer tenaga dari mesin ke roda akan terganggu. Akibatnya, tenaga loyo dan boros bensin.

Guna menghindari kejadian di atas, lakukan pengecekan terhadap lubang pembuangan air CVT. Posisinya cukup rendah. Makanya, kemungkinan air menyelinap ke cover CVT bisa terjadi di sini.

“Karenanya, slang lubang pembuangan CVT ini bentuknya tertutup. Letaknya di bawah dan paling belakang,” ungkap Tri Nur Cahyono, mekanik Matic Shop di bilangan Ciledug.

Diingatkan untuk sering mengecek lubang pembuangan air yang posisinya terdapat di bawah kotak CVT. Apalagi saat memasuki musim penghujan seperti sekarang ini.

Cara membuang air di cover CVT bisa dilakukan dengan membuka tutup pembuangan dari karet dan miringkan motor ke sebelah kiri sampai air benar keluar seluruhnya. Aatu bisa juga dengan cara membuka dengan melepas klip yang mengikat lubang itu.

sumber: otomotifnet.com

Senin, 01 April 2013

15 Tips Sehat Untuk Ibu Hamil

Pola Makan ibu hamil
Masa kehamilan merupakan masa yang dinanti-nantikan oleh calon ibu. Disaat kehamilan banyak kegiatan yang perlu lebih di perhatikan dan diatur, seperti pola makan, pola tidur, cara berfikir jangan sampai ibu hamil mengalami stres. Karena jika ibu hamil terganggu pola hidup dan pikirannya, maka akan mempengaruhi janinnya juga. Oleh sebab itu bagi ibu hamil atau suami yang mempunyai istri yang sedang hamil harus mengetahui bagaimana menjaga kandungan dengan hati-hati dan memperhatikan pola makan dan pola hidup agar tetap sehat.
Dalam kondisi tersebut banyak pantangan yang perlu dijauhi atau diharamkan bagi para ibu hamil. Tips sehat ibu hamil merupakan cara yang tepat agar kondisi si calon buah hati dan  ibu supaya tetap sehat. Berikut 15 tips sehat untuk ibu hamil :

1. Kontrol Kandungan ke Dokter
Hal ini perlu dilakukan, minimalnya setiap sebulan sekali untuk mengecek kondisi bayi dan ibu. Bila Anda mempunyai keluhan atau mempunyai kekhawatiran apapun terhadap kehamilan yang Anda alami, periksakanlah ke dokter, walaupun ini belum saatnya Anda harus kontrol kembali.

2. Minum Air Putih
Asupan air ini sangat berguna bagi ibu hamil, air juga dibutuhkan untuk membawa nutrisi dari darah ke janin dalam kandungan, sehingga dibutuhkan sekitar satu gelas air setiap jamnya. Tak heran bila kecukupan minum juga mampu menghindarkan Anda dari kemungkinan lahir prematur di semester ketiga kehamilan.

3. Penuhi Kebutuhan Gizi
Untuk mencukupi kebutuhan ibu dan anak, asupan kalori per hari pada ibu hamil biasanya lebih besar 300 kalori dibanding kebutuhan pada saat tidak hamil. Selain itu, jangan lupa mencukupi kebutuhan berbagai vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi dan folat. Konsumsi makanan yang bervariasi agar kebutuhan akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat dapat terpenuhi. Selain itu, ibu hamil dianjurkan untuk minum susu (yang diformulasikan khusus untuk masa kehamilan), agar asupan nutrisi dapat lebih terjamin.

4. Jangan Merokok
Berhenti merokok bila Anda merokok atau janganlah menjadi perokok pasif, karena Anda sering menghirup asap rokok dari orang sekitarnya, misalnya dari suami Anda. Asap rokok akan membuat si kecil lahir dengan berat badan yang kurang, kematian si kecil dalam kandungan atau si kecil mudah jatuh sakit atau lambat dalam mempelajari sesuatu nantinya, dapat juga menyebabkan Anda mengalami keguguran.

5. Aturlah Pola Tidur
Tidurlah antara pukul 10 malam dan 6 pagi sesering mungkin. Kurang tidur menyebabkan “gangguan pada fungsi tiroid yang menghadapkan seseorang pada risiko kelebihan berat badan,” menurut The Body Clock Guide to Better Health, oleh Michael Smolensky, Phd., dan Lynne Lamberg. Tidur di tempat yang lebih terang dari kondisi gelap gulita, seperti suasana gua, akan berpotensi menghancurkan fase hormon dan ritme biologis seseorang.

6. Positive Thinking
Sungguh baik bila seorang ibu berpikir bahwa dirinya adalah seorang perempuan yang cantik, bersemangat, sehat, dan berkarakter. Tidak berselang lama tubuhnya akan mengikuti instruksi pemikiran ini, menurut literatur seperti What the Bleep dan The Secret, demikian juga penelitian air terkenal dari Dr. Emoto dan usulan The Blue Zone agar kita selalu menjaga pandangan positif dalam segala hal yang kita lakukan.

7. Konsumsi Asupan vitamin Asam Folat
Mengkonsumsi vitamin Asam Folat 400 mikrogram perhari, sebelum kehamilan hingga beberapa bulan pertama dalam kehamilan. Hal ini berguna untuk mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada si kecil. Asam Folat ini juga penting diperoleh dari makanan yang mengandung Asam Folat seperti pada sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli, dan lainnya.

8. Jaga kebersihan
Cuci tangan sesering mungkin, terutama setelah memegang daging mentah pada saat memasak atau setelah menggunakan kamar kecil. Karena dengan cuci tangan akan mencegah penyebaran kuman dan virus yang dapat menyebakan penyakit.

9. Hindari kafein
Kafein terdapat pada kopi,teh dan minuman bersoda. Menurut penelitian kafein dapat menembus plasenta dan memasuki peredaran darah pada janin. Kafein mempunyai efek diuretik yaitu mengambil cairan dan kalsium yang sangat dibutuhkan janin dari tubuh, selain itu kafein dapat merusak suasana hati dan mengganggu istirahat bagi ibu hamil.

10. Hindari makanan cepat saji/penyedap
Hindari juga makanan cepat saji dan makanan yang mengandung penyedap, karena dapat menghambat perkembangan otak pada janin.

11. Mempersiapkan kesehatan secara psikis
Kondisi psikis ibu dominan pengaruhnya terhadap perkembangan otak janin. Pada dasarnya emosi atau amarah. Menurut penelitian respon terhadap emosi akan mengakibatkan banjirnya hormon adrenalin yang akan diteruskan kepada janin melalui plasenta. Bila jumlahnya terlalu banyak akan membahayakan kondisi janin.
12. Jaga kesehatan fisik
Menjaga kesehatan fisik adalah dengan cara mengatur emosi pada ibu hamil. Tenangkan hati dan pikiran dengan melakukan relaksasi seperti yoga, mendengarkan musik dan istirahat yang cukup. Jauhkan hal-hal yang dapat menimbulkan stress dan berpikirlah secara positif. Dalam hal ini dukungan dari orang-orang sekitar seperti suami sangat berpengaruh terhadap kesehatan psikis si ibu.
13. Tetap beraktifitas/jangan pasif
Tetaplah beraktifitas karena akan baik untuk sang ibu maupun calon bayi. Ibu hamil juga dapat melakukan olahraga seperti berjalan kaki. Mengambil kelas senam hamil juga bagus, selain manfaatnya bagi ibu dan janin, para calon ibu di kelas tersebut dapat saling berbagi pengalaman dan menambah pengetahuan. Di sela-sela aktifitas, jangan lupa untuk istirahat yang cukup.
14. Makan Cokelat
Kandungan theobromine di dalam cokelat hitam disinyalir dapat menstimulasi jantung, membuat otot-otot tubuh terasa lebih rileks, dan memperbesar pembuluh darah. Sehingga, bagi ibu hamil (bumil) dapat membantu mencegah komplikasi pada kehamilan yang dikenal dengan preeklamsia.

15. Hindari Gorengan
Asam lemak trans yang terkandung dalam gorengan juga bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Pasalnya, konsumsi asam lemak trans pada ibu hamil dapat mengganggu asupan asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh calon bayi. Sebuah studi menunjukkan, wanita di negara yang mengonsumsi asam lemak trans tinggi akan menghasilkan ASI dengan kadar asam lemak trans sebesar 2 persen hingga 5 persen dari total asam lemak susu. European Community Multicenter Study on Antioksidant Myocardial Infraction and Breast Cancer (EURAMIC) menemukan hubungan positif antara konsumsi asam lemak trans dengan kanker payudara pada wanita yang telah mengalami menopause.

Nah, itulah 15 Tips Sehat untuk Ibu Hamil yang ingin menjaga pola hidup sehat disaat kehamilan. Mudah-mudahan berguna.

Cara Aman Menggunakan ATM dari Mantan Pembobol ATM

Skimming yang menelan korban nasabah bank di Indonesia dan juga negara-negara lain di dunia tidak menggunakan teknologi canggih. Dengan alat dan trik yang sederhana, pencuri dengan mudah menyedot aset nasabah.


Kesederhanaan modus ini diungkap oleh Dan DeFelippi, mantan pencuri identitas nasabah kartu debet dan kartu kredit. Kini DeFelippe "telah insyaf" setelah ditangkap polisi AS tahun 2003 lalu dan kini bekerja sama dengan aparat hukum guna membongkar jaringan jahat di internet.


DeFelippe menyatakan, untuk mencuri identitas pemilik kartu kredit, dia cukup membeli nomor kartu kredit. "Anda dapat memberi nomor kartu kredit seharga satu dolar, dua dolar atau tiga dolar," katanya seperti dilansir www.13wham.com di Rochester, New York.


Website 'bawah tanah' juga menyediakan trik jahat ini. "Orang-orang secara aktif menulis informasi dan secara aktif menulis tutorial. Anda bisa mendapatkan daftar itu dengan mudah," ujarnya.


DeFelippi menyatakan, orang-orang sering bingung di depan mesin ATM dan pencuri tahu itu lalu memerasnya. "Bila Anda dapat memasang steker kamera di komputer dan steker sebuah VCR ke TV, Anda bisa melakukan skimming di ATM. Itu (Skimming) sesederhana itu. Anda bisa memberi piranti keras, yang harus Anda lakukan semua hanyalah mengkoneksikannya," ujarnya.


Inilah tips aman dari DeFelippe:


1. Salah satu ciri sebuah alat skimmer telah ditempelkan adalah bila Anda tidak melihat cahaya berpendar LED ketika Anda memasukkan kartu ke mesin ATM. Bisa jadi lampu LED tidak terlihat berpendar karena tertutupi oleh skimmer.


2. Waspadai kotak brosur yang mungkin menempel/di dekat ATM karena kotak brosur itu bisa jadi berguna untuk menutupi kamera tersembunyi untuk merekam gerakan jemari Anda menekan nomor PIN.


3. Biasakanlah menggunakan mesin ATM yang terdekat dengan kediaman/kantor Anda sehingga Anda familiar bagaimana mengoperasikannya dan mengetahui dengan cepat bila ada kejanggalan.


4. ATM drive-through adalah target bagus untuk pencuri identitas karena pengemudi seringkali merasa terburu-buru dengan pengantre lainnya sehingga tidak memberi perhatian lebih.


5. ATM teraman adalah yang berada di dalam bank atau toko yang ramai orang-orang.

6. Waspadalah bila ATM mengaku "rusak/out of order" sehingga uang tak bisa keluar, padahal Anda telah memasukkan kartu dan telah memasukkan PIN.


Di Indonesia, sejumlah bank telah mengumumkan kerugiannya akibat aksi skimmer. Rinciannya:

* BCA: 200 nasabah dibobol dengan kerugian sekitar Rp 5 miliar

* BNI: 19 nasabah dengan kerugian sekitar Rp 200 juta

* BRI: 3 nasabah dengan kerugian sekitar Rp 48,5 juta.

Sumber:detiknews.com

Ane tambahin nih, agar tidak terkena skimmer (ane dapet saran dari orang Bank)..

>> Setelah anda bertransaksi terutama di ATM mini market & Pom Bensin yang tidak berada di dalam bank. lebih baik anda masukkan kembali ATM anda lalu masukkan pin palsu (alis pin ngasal) lalu cabut ATM anda. mengapa demikian?

karena yang direkan pada mesin skimmer itu ialah pin terakhir yang kita masukkan di ATM.. maka dengan memasukkan PIN PALSU setelah bertransaksi, ATM anda tidak akan Terbobol karena yang mereka rekam ialah PIN PALSU yang kita masukkan setelah bertransaksi.

SEMOGA BERMANFAAT!!

agar ATM tidak disalahgunakan

Kejahatan dengan menggunakan kartu kredit dan ATM banyak beredar di media. Beberapa modus telah beredar. Namun, apakah kejahatan tersebut bisa dicegah oleh Bank Indonesia (BI) sebagai pengawas kegiatan perbankan?
Untuk mencegah penyalahgunaan kartu kredit maupun ATM,Direktur Departemen Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Difi Ahmad Johansyah membagi kiat-kiat untuk mencegah adanya kejahatan tersebut.
Pertama, ujar Difi, nasabah harus mengetahui nomor call centre banknya masing-masing."Jangan berikan nomor kartu, masa berlaku atau tiga angka terakhir di belakang kartu kredit kepada merchant yang tidak Anda ketahui," kata Difi.
Trik selanjutnya adalah bagi pengguna kartu kredit atau pemegang ATM jangan pernah memberikan nomor PIN Anda kepada siapapun termasuk kepada petugas bank ataupun orang terdekat Anda.
"Jangan memberikan kartu kredit atau kartu ATM Anda kepada pihak lain karena bank tidak pernah meminta kembali kartu Anda. Apabila Anda mengembalikan kartu kepada bank, pastikan kartu telah Anda potong."
Kemudian kartu pembayaran baik kartu ATM, debit atau kartu kredit, harus selalu dalam pengawasan. Apabila kartu hilang, segera lakukan pemblokiran kartu untuk menghindari penyalahgunaan.

sumber: merdeka.com