Honda beAT sebagai light matic scooter
kini mulai banyak dipakai oleh biker commuters untuk beraktifitas
sehari hari , uniknya meski dimensi matic ini terbilang kecil namun
penggunanya dari berbagai kalangan , dari anak sekolah hingga bapak
bapak
emang ringan sich di pakai di berbagai kondisi jalanan namun selain
nilai lebih , banyak juga yang mengeluhkan & bertanya kepada
saya, kenapa di kecepatan sedang menengah ( 40-60 kpj) di panteng
secara stabil si matic ini sering terasa ada yang nyangkut laju nya
…… (grendet-grendet …… nggrenjel / tersendat & terasa ada vibrasi di unit CVT )
oke , saya benarkan hal itu juga saya
alami di beAT kepunyaan WD ……. meski sebenarnya kasus seperti ini
bisa menimpa semua matic dari merk apapun ……. memang CVT kalau
sudah berumur ya seperti ini mas bro , harus dilakukan schedule
maintenanance ! berikut ini beberapa diantara penyumbang terjadinya
ubnormal vibration tersebut :
kasus tersendat tersebut terjadi pada unit CVT dan di Pulley bagian depan atau disebut driven face
dimana pulley ini bisa mengembang /menyempit sesuai kecepatan motor ,
mengembang ..nya pulley ini karena di sebelah dalam pulley terdapat
rollerpemberat / roller weight (gambar no 7 ) yang bisa bergerak karena gaya sentri fugal dan bisa menggeser pulley sebelah dalam ( face movable drive)
nah roller pemberat berjumlah 6 biji yang
berbentuk silindris tersebut terbuat dari bahan seperti atom plastik ,
dimana setiap saat bekerja bergesekan dengan pulley face movable drive sehingga roller bisa terkikis dan bentuknya tak lagi silindris, namun cenderung benjol gitu dech
, nah kalau sudah benjol bisa dipastikan pergerakan mengembangnya
pulley tidak smoth , karena pergerakan face movable drive yang di picu
oleh desakan roller pemberat tidak serentak berbarengan . so saat di
hunakan ber akselerasi atau kecepatan sedang maka vibrasi akan sangat
terasa pada matic tersebut . solusi nya ===>> ganti roller
pemberat sesuai jadwal penggantian / sesuaikan selera akselerasi dengan
kombinasi berat roller yang akan di aplikasikan ..
=====================================================
ada lagi kasus suara bergesek mirip
cakram yang kampas nya habis….. paling kerasa saat jalan pelan dan
handle gas ditutup atau saat motor didorong dalam keadaan mati …..
sring sriing sreeekk
kalau kejadian tersebut terjadi pada
unit cvt pulley belakang , paling banyak di temui pada yamaha mio,
namun juga bisa menyerang semua jenis matic … penyebabnya adalah RUBBER, CLUTCH DAMPER (no 5) yang
sudah melar …. karet dumper tersebut ada 3 biji , dan karena kerja
sentrifugal cluth pada pulley belakang bergesekan pada kecepatan
tinggi , maka karena panas suhu tinggi seiring umur pasti akan
menyebabkan karet melar, akibatnya kampas sentrifugal sudah menyentuh
permukaan outer comp cluth (gambar no 1) sebelum kampas sentri fugal mendapat gaya pental dari rpm tinggi
tips murahnya adalah , potong permukaan karet yang melar……, namun kalau spare part tersedia mending ganti sekalian
untuk baca2 tips matic yang lain bisa dibaca disini==>> penyebab CVT matic cepet jebol
kalau di matic WD kejadiannya gimana?
hmmm gejala memang terasa namun masih ringan belum parah & di
km odometer mendekati 10.000km , nah ada juga yag tanya .. beat ku
masih baru kok udah nggrenjel? wah kalau masih baru coba
komplain ke dealer mas mumpung masih garansi!
lha tutorial e mana mas?
whhoo besok ya kalau si genduk biru ku udah masuk jadwal
maintenance cvt bakal tak bongkar dech! , saat ini belum waktunya ..
monggo di share_salam from warung DOHC_never_ending_exploring!
Wassalamu’alaykum
sumber: http://azizyhoree.wordpress.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar